Rabu, 14 Agustus 2019

SOAL SOAL MARKETING


  1. Bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar disebut dengan...
a. Coperative pricing
b. Adaptive pricing
c. Opportunistic pricing
d. Predatory pricing

  1. Penggunaan teknik harga dengan cara menurunkan harga merek terkenal atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan kunjungan konsumen disebut sebagai..
a. Harga penglaris (loss-leader pricing)
b. Special-event pricing
c. Cash-rebate
d. Longer payment terms

  1. Kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda, adalah merupakan teknik diskriminasi harga berdasarkan ...
a. Segmen
b. Bentuk produk (product-form pricing)
c. Lokasi (location pricing)
d. Waktu (time pricing)

  1. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya disebut sebagai...
a. Sender
b. Receiver
c. Encoding
d. Decoding


  1. Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan berulang-ulang atau yang memungkinkan iklan disaksikan berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
a. Presentasi publik
b. Pervasiveness
c. Dramatisasi pesan
d. Impersonalitas
  1. Jumlah orang yang terekspos media yang memenuhi karakteristik sebagai audiens adalah pengertian dari...
a. Sirkulasi
c. Audiens
c. Audiens efektif terekspos media
d. Audiens efektif

  1. Yang dimaksud dengan penjualan solusi adalah...
a. Produk disesuaikan dengan kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk
b. Penjualan didasarkan pada harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
c. Dalam situasi penjualan, harga dan fitur sama-sama penting
d. Situasi-situasi meliputi relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim

  1. Public Relations sudah menemukan penyebab timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan atau pencegahan, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
a. Mendefinisikan permasalahan
b. Perencanaan dan program
c. Aksi dan komunikasi
d. Evaluasi program

  1. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua terdiri dari…
a. Produces -> customers
b. Producer -> retailer -> customers
c. Producer -> representative -> distributor -> customer
d. Producer -> representative -> customers
  1. Memilih pasar sasaran terbatas (tidak semua segmen) untuk pemasaran produk baru atau dengan memilih satu atau beberapa segmen untuk dimasuki dan dikuasai, adalah merupakan strategi…
a. Penetrasi pasar secara massal (mass-market penetration)
b. Penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
c. Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat (skimming and early witdrawal)
d. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif

  1. Ilustrasi berikut yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif, adalah..
a. Pasta gigi Pepsodent yang dapat ditemukan pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
b. Kemeja Arrow hanya ada atau dijual di departemen store kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
c. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
d. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah

  1. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
a. Memiliki preferensi merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
b. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
c. Menyukai toko tertentu/mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang didatangi/merek belum pasti
d. Menyukai toko tertentu/tidak peduli terhadap merek

  1. Kriteria yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahan, adalah kriteria...
a. Kriteria ekonomi
b. Kriteria adaptif
c. Kriteria pengendalian
d. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
  1. Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, tingkat inventory, pengembangan pasar, pencarian pelanggan, layanan dan bantuan teknis, serta informasi pasar, adalah merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
a. Kerjasama
b. Kemitraan
c. Pemrograman distribusi
d. Evaluasi anggota saluran

  1. Ford Corporation bekerja sama dengan Mazda Corporation. Kedua korporasi membuat produk bersama, untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation dan untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
a. Corporate System
b. Contractual System
c. Administered System
d. Sistem Pemasaran Horisontal

  1. Walaupun produk sudah dikenal atau disadari keberadaannya, agar cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinyA. Taktik yang sebaiknya digunakan menurut Walker et al. (2003), yaitu...
a. Menetapkan harga penetrasi
b. Meluncurkan iklan yang gencar melalui media
c. Promosi penjualan intensif
d. Uji coba produk gratis dan pemberian garansi





  1. Kewalahan dengan serangan Kuda, Toyota langsung melakukan lompatan ke depan, dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC, tetapi sudah menggunakan teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota disebut VVTi), dengan desain menyerupai multi-purpose vehicle (MPV) murni. Hasilnya, tahun 2005 Kuda menyerah dengan menghentikan produksi dan pemasaran KudA. Strategi bertahan yang diterapkan oleh Toyota adalah...
a. Strategi Pertahanan Posisi
b. Strategi Pertahanan Sisi
c. Strategi Konfrontasi
d. Strategi Ekspansi Pasar

  1. Pada saat kemunculan DVD menggantikan VCD, secara keseluruhan terjadi penurunan permintaan terhadap CD. Sebagian besar konsumen lama beralih ke VCD atau DVD karena kedua format ini menampilkan gambar selain suara, sementara CD hanya menghasilkan suarA. Konsumen baru langsung ke VCD atau DVD tanpa melirik CD. Namun, tidak semua konsumen meninggalkan CD. Ada segmen yang tetap mempertahankan CD dengan alasan kualitas musiknya yang lebih bagus. Ukurannya memang kecil tetapi tetap bertahan. Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut adalah…
a. Strategi Memanen
b. Strategi Mempertahankan
c. Strategi Pemain yang Untung
d. Niche Strategy

  1. Praktek pembuatan harga-harga dengan menggunakan angka ganjil, misalnya Rp 3.977, Rp15.970, Rp 21.365.000, dan seterusnya, salah satunya bertujuan memberi kesan harga produk lebih lebih murah karena belum menyentuh level harga di atasnyA. Model penetapan harga ini digolongkan sebagai jenis teknik...
a. Value pricing
b. Perceived Quality Pricing
c. Odd-pricing
d. Mark-up pricing

  1. Potongan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar disebut sebagai...
a. Cash-discount
b. Quantity-discount
c. Functional-discount
d. Seasonal Discount
Jawaban:
  1. b. Adaptive pricing
  2. a. Harga penglaris (loss-leader pricing)
  3. a. Segmen
  4. c. Encoding
  5. b. Pervasiveness
  6. d. Audiens efektif
  7. a. Produk disesuaikan dengan kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk
  8. b. Perencanaan dan program
  9. c. Producer -> representative -> distributor -> customer
  10. b. Penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
  11. b. Kemeja Arrow hanya ada atau dijual di departemen store kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
  12. a. Memiliki preferensi merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
  13. b. Kriteria adaptif
  14. b. Kemitraan
  15. d. Sistem Pemasaran Horisontal
  16. a. Menetapkan harga penetrasi
  17. c. Strategi Konfrontasi
  18. d. Niche Strategy
  19. c. Odd-pricing
  20. b. Quantity-discount


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAWABAN MATERI SEGMENTASI PASAR

              1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan                    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusa...