- Bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar disebut dengan...
a. Coperative pricing
b. Adaptive pricing
c. Opportunistic pricing
d. Predatory pricing
- Penggunaan teknik harga dengan cara menurunkan harga merek
terkenal atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan
kunjungan konsumen disebut sebagai..
a. Harga penglaris (loss-leader
pricing)
b. Special-event pricing
c. Cash-rebate
d. Longer payment terms
- Kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda,
adalah merupakan teknik diskriminasi harga berdasarkan ...
a. Segmen
b. Bentuk produk (product-form
pricing)
c. Lokasi (location pricing)
d. Waktu (time pricing)
- Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa
kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun
kombinasinya disebut sebagai...
a. Sender
b. Receiver
c. Encoding
d. Decoding
- Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan
berulang-ulang atau yang memungkinkan iklan disaksikan berulang-ulang
dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
a. Presentasi publik
b. Pervasiveness
c. Dramatisasi pesan
d. Impersonalitas
- Jumlah orang yang terekspos media yang memenuhi karakteristik
sebagai audiens adalah pengertian dari...
a. Sirkulasi
c. Audiens
c. Audiens efektif terekspos
media
d. Audiens efektif
- Yang dimaksud dengan penjualan solusi adalah...
a. Produk disesuaikan dengan
kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi
produk
b. Penjualan didasarkan pada
harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
c. Dalam situasi penjualan,
harga dan fitur sama-sama penting
d. Situasi-situasi meliputi
relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim
- Public Relations sudah menemukan penyebab timbulnya
permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan atau
pencegahan, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
a. Mendefinisikan permasalahan
b. Perencanaan dan program
c. Aksi dan komunikasi
d. Evaluasi program
- Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua terdiri dari…
a. Produces -> customers
b. Producer -> retailer ->
customers
c. Producer -> representative
-> distributor -> customer
d. Producer -> representative
-> customers
- Memilih pasar sasaran terbatas (tidak semua segmen) untuk
pemasaran produk baru atau dengan memilih satu atau beberapa segmen untuk
dimasuki dan dikuasai, adalah merupakan strategi…
a. Penetrasi pasar secara massal
(mass-market penetration)
b. Penetrasi ceruk pasar (niche
penetration)
c. Skimming dan keluar dari
pasar dengan cepat (skimming and early witdrawal)
d. Memperkenalkan produk secepat
mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
- Ilustrasi berikut yang menggambarkan saluran pemasaran dengan
strategi distribusi selektif, adalah..
a. Pasta gigi Pepsodent yang
dapat ditemukan pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
b. Kemeja Arrow hanya ada atau
dijual di departemen store kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar
tradisional
c. Pakaian rancangan Giovany
Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
d. Telepon seluler premium Vertu
hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
- Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk
diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
a. Memiliki preferensi
merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
b. Memilih produk dari antara
produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
c. Menyukai toko
tertentu/mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang
didatangi/merek belum pasti
d. Menyukai toko tertentu/tidak
peduli terhadap merek
- Kriteria yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat
menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahan, adalah
kriteria...
a. Kriteria ekonomi
b. Kriteria adaptif
c. Kriteria pengendalian
d. Alternatif II dalam kriteria
pengendalian
- Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar,
tingkat inventory, pengembangan pasar, pencarian pelanggan, layanan dan
bantuan teknis, serta informasi pasar, adalah merupakan cara yang dapat
dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
a. Kerjasama
b. Kemitraan
c. Pemrograman distribusi
d. Evaluasi anggota saluran
- Ford Corporation bekerja sama dengan Mazda Corporation. Kedua
korporasi membuat produk bersama, untuk pasar Amerika diberi merek Ford
dan didistribusikan Ford Corporation dan untuk pasar Jepang mereknya Mazda
dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation. Ilustrasi tersebut
menggambarkan tipe sistem pemasaran..
a. Corporate System
b. Contractual System
c. Administered System
d. Sistem Pemasaran Horisontal
- Walaupun produk sudah dikenal atau disadari keberadaannya,
agar cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinyA.
Taktik yang sebaiknya digunakan menurut Walker et al. (2003), yaitu...
a. Menetapkan harga penetrasi
b. Meluncurkan iklan yang gencar
melalui media
c. Promosi penjualan intensif
d. Uji coba produk gratis dan
pemberian garansi
- Kewalahan dengan serangan Kuda, Toyota langsung melakukan
lompatan ke depan, dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC,
tetapi sudah menggunakan teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota
disebut VVTi), dengan desain menyerupai multi-purpose vehicle (MPV) murni.
Hasilnya, tahun 2005 Kuda menyerah dengan menghentikan produksi dan
pemasaran KudA. Strategi bertahan yang diterapkan oleh Toyota adalah...
a. Strategi Pertahanan Posisi
b. Strategi Pertahanan Sisi
c. Strategi Konfrontasi
d. Strategi Ekspansi Pasar
- Pada saat kemunculan DVD menggantikan VCD, secara keseluruhan
terjadi penurunan permintaan terhadap CD. Sebagian besar konsumen lama
beralih ke VCD atau DVD karena kedua format ini menampilkan gambar selain
suara, sementara CD hanya menghasilkan suarA. Konsumen baru langsung ke
VCD atau DVD tanpa melirik CD. Namun, tidak semua konsumen meninggalkan
CD. Ada segmen yang tetap mempertahankan CD dengan alasan kualitas
musiknya yang lebih bagus. Ukurannya memang kecil tetapi tetap bertahan.
Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut adalah…
a. Strategi Memanen
b. Strategi Mempertahankan
c. Strategi Pemain yang Untung
d. Niche Strategy
- Praktek pembuatan harga-harga dengan menggunakan angka
ganjil, misalnya Rp 3.977, Rp15.970, Rp 21.365.000, dan seterusnya, salah
satunya bertujuan memberi kesan harga produk lebih lebih murah karena
belum menyentuh level harga di atasnyA. Model penetapan harga ini digolongkan
sebagai jenis teknik...
a. Value pricing
b. Perceived Quality Pricing
c. Odd-pricing
d. Mark-up pricing
- Potongan harga yang diberikan karena volume pembelian yang
besar disebut sebagai...
a. Cash-discount
b. Quantity-discount
c. Functional-discount
d. Seasonal Discount
Jawaban:
- b. Adaptive pricing
- a. Harga penglaris (loss-leader pricing)
- a. Segmen
- c. Encoding
- b. Pervasiveness
- d. Audiens efektif
- a. Produk disesuaikan dengan kebutuhan klien dan harga
merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk
- b. Perencanaan dan program
- c. Producer -> representative -> distributor
-> customer
- b. Penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
- b.
Kemeja Arrow hanya ada atau dijual di departemen store kelas menengah ke
atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
- a.
Memiliki preferensi merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
- b.
Kriteria adaptif
- b.
Kemitraan
- d.
Sistem Pemasaran Horisontal
- a.
Menetapkan harga penetrasi
- c.
Strategi Konfrontasi
- d.
Niche Strategy
- c.
Odd-pricing
- b.
Quantity-discount
Tidak ada komentar:
Posting Komentar