MARKETING
Pengertian
Marketing adalah suatu
rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang ataupun
jasa, dengan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan oleh
khalayak luas.
Fungsi Marketing dalam Perusahaan
Setiap perusahaan
mengandalkan marketing dalam upaya menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi
perusahaan tersebut. Itulah sebabnya proses marketing menjadi sesuatu yang
sangat krusial bagi semua bisnis.
Sesuai dengan pengertian
marketing di atas, beberapa fungsi marketing adalah sebagai berikut:
1.
Fungsi Pertukaran
Melalui kegiatan
marketing, maka barang dapat dikenal dan diminati oleh suatu pasar. Dalam hal
ini fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan konsumen dengan
menukar uangnya dengan produk yang ditawarkan.
2.
Fungsi Distribusi Fisik
Produk yang dihasilkan
oleh produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini
melalui proses distribusi.
Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi,
penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.
3. Fungsi
Perantara
kegiatan marketing juga
berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Fungsi perantara
ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian informasi,
pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.
Secara garis besar, tiga
poin di atas merupakan fungsi utama dari marketing. Selain itu, beberapa fungsi
lain dari kegiatan marketing adalah sebagai berikut:
·
Berfungsi sebagai sales, yaitu aktivitas penjualan
produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
·
Berfungsi sebagai alat promosi, yaitu aktivitas
memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan
agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.
·
Berfungsi untuk riset dan pengembangan, yaitu proses
marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan
masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat melakukan peningkatan
kualitas produk di masa depan.
·
Berfungsi untuk mewujudkan konsep marketing
communication, yaitu peran marketing dalam menjalin hubungan baik
dengan masyarakat atau perusahaan lain.
Konsep Marketing
Mengacu pada pengertian
marketing di atas, secara garis besar ada empat konsep dasar marketing. Adapun
konsep marketing adalah sebagai berikut:
1. Produksi
Produksi adalah proses
mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk
(barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset
untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.
Selai itu, tim marketing
juga harus mengamati para pemain di ceruk tersebut dan harga yang berlaku di
pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang dilakukan
oleh perusahaan.
2. Produk
Produk adalah sesuatu
yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3
kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide.
Semua konsumen
menginginkan produk yang berkualitas, harga terjangkau, dan
unik. Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting
dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk berkualitas maka dengan
sendirinya proses marketing akan sangat sulit dilakukan.
3.
Pemasaran
Pemasaran adalah semua
aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi
permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi menciptakan produk bernilai
jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan, dan lain-lain.
Tujuan utama dari
pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain,
kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.
4.
Penjualan
Semua aktivitas produksi
dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin
besar angka penjualan maka idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin
besar.
Kegiatan penjualan ini
seringkali dilakukan dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya
dengan memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya
menambah angka penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar