1. Jelaskan Pengertian
Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
Segmentasi
pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan
konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen
tersebut. Dengan kata lain, PASAR yang tadinya hanya satu dan luas menjadi beberapa pasar
yang bersifat homogen setelah mengalami segmentasi.
Tujuan
Segmentasi Pasar
Tujuan market
segmentation
Seperti yang disebutkan sebelumyan, tujuan utama pengelompokan
pasar adalah untuk membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar
yang sifatnya homogen. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuan
segmentasi pasar:
1. Memudahkan Dalam
Membedakan Pasar
Salah satu kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk
adalah keadaan pasar yang sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen
sangat beragam dan terus berkembang.
Dengan mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka
perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil
akhirnya, suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar
lainnya.
2. Pelayanan Konsumen
Menjadi Lebih Baik
Empat hal penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam
pemenuhan kebutuhannya adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu.
Dan pelayanan yang baik merupakan hal krusial dari keempat hal penting
tersebut.
Dengan melakukan market segmentation, maka
perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3. Strategi Pemasaran
Lebih Terarah
Strategi pemasaran pada pasar yang homogen akan lebih mudah
ketimbang pada pasar yang heterogen. Strategi pemasaran pada pasar homogen akan
lebih terarah, termasuk menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga,
distribusi, dan promosi.
Dengan adanya pengelompokan pasar maka perusahaan dapat
mengarahkan dana dan usahanya ke market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4. Mengenal Kompetitor
dengan Segmen yang Sama
Setelah memahami pembeli yang berada pada suatu segmen pasar,
tentunya perusahaan juga akan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen
yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor.
Dengan begitu, maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru
strategi pemasaran komptetitor tersebut sehingga dapat merebut perhatian
konsumen.
5. Evaluasi Target dan
Rencana Bisnis
Setelah memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka
perusahaan dapat melakukan suatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah
dilakukan sebelumnya.
2. Dalam melakukan
segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
A. Measurable
B. subtantial
C. Accesible
D. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
A. Measurable
B. subtantial
C. Accesible
D. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
1. Measurable (terukur)
Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.
2. Substansial (banyak)
Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani.
3. Differentiable (dapat
dibedakan)
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
3 Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
A. Preferensi Pelanggan
B. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing
segmentasi tersebut berikan contohnya.
A.Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
B.Sensitivitas harga – Di luar
penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan
kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang
membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang
cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan :
a. Demografis
b. Geografis
A.Demografis
– Demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama,
dan etnis. Misalnya, produk asuransi untuk manula.
B.Geografis– Segmen berdasarkan geografi seperti rantai restoran yang mengkustomisasi menu untuk menyertakan makanan lokal dari setiap wilayah dan kota.
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
Istilah segmentasi pasar dan penetapan sasaran pasar (target market) sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda. Di atas telah diuraikan bahwa segmentasi pasar itu merupakan kegiatan yang membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dalam hal ini, market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani.
Sebagai gambaran, misalnya
berdasarkan analisis dan perkiraan permintaan, perusahaan dapat mengetahui
adanya pasar tertentu yang dianggap menarik, yang membuat perusahaan memperluas
pangsa pasar. Perusahaan tersebut mensurvei sejumlah konsumen sebagai sampel
dari keseluruhan. Dalam survey ini ditanyakan mengenai atribut produk yang
ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, servis, dan sejenisnya. Dari
adanya survei tersebut akan diperoleh informasi tentang pola segmentasi pasar
berupa preferensi atau tingkat kesukaan konsumen yang dibagi menjadi 3
kelompok yaitu:
a. Preferensi yang homogen
Ini menunjukan suatu pasar di
mana semua konsumen dapat dikatakan mempunyai kesukaan yang sama, baik mengenai
harga maupun kualitas. Dengan demikian diperkirakan para konsumen mempunyai
kesukaan yang sama terhadap merek yang ada.
b. Preferensi yang menyebar
Ini menggambarkan bahwa
konsumen mempunyai kesukaan yang berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan
dari sebuah produk. Preferensi ini juga menandakan bahwa masyarakat tidak hanya
bergantung pada satu brand saja.
c. Preferensi yang mengelompok
Selain preferensi yang homogen
dan preferensi yang menyebar juga terdapat preferensi yang mengelompok. Di mana
konsumen yang berada dalam satu kelompok cenderung memiliki kesukaan yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar