Segmentasi Pasar : Pengertian,
Tujuan, Manfaat, dan Syaratnya
Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi
Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki
kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di
dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan
dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri.
Segmentasi pasar adalah strategi
suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen di suatu market
yang kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang
sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan kata lain, PASAR yang
tadinya hanya satu dan luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen
setelah mengalami segmentasi.
Tujuan utama market
segmentation adalah untuk membuat proses pemasaran yang lebih
terarah sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan
efisien.
Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli
1.
Pride dan Ferrel
Menurut Pride dan Ferrel, market segmentation adalah
suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan
kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku
konsumen.
2.
Philip Kotler dan Gary Amstrong
Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, pengertian segmentasi
pasar adalah pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang
berbeda.
Tujuan pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang
berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana
setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan
kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
3.
Swastha dan Handoko
Menurut Swastha dan Handoko, pengertian segmentasi pasar adalah
aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan
market yang bersifat homogen.
Tujuan Segmentasi Pasar
1.
Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
Salah satu kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk
adalah keadaan pasar yang sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen
sangat beragam dan terus berkembang.
Dengan mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka
perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil
akhirnya, suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar
lainnya.
2.
Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
Empat hal penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam
pemenuhan kebutuhannya adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu.
Dan pelayanan yang baik merupakan hal krusial dari keempat hal penting tersebut.
Dengan melakukan market segmentation, maka
perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3.
Strategi Pemasaran Lebih Terarah
Strategi pemasaran pada pasar yang homogen akan lebih mudah
ketimbang pada pasar yang heterogen. Strategi pemasaran pada pasar homogen akan
lebih terarah, termasuk menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga,
distribusi, dan promosi.
Dengan adanya pengelompokan pasar maka perusahaan dapat
mengarahkan dana dan usahanya ke market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4.
Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama
Setelah memahami pembeli yang berada pada suatu segmen pasar,
tentunya perusahaan juga akan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen
yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor.
Dengan begitu, maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru
strategi pemasaran komptetitor tersebut sehingga dapat merebut perhatian
konsumen.
5.
Evaluasi Target dan Rencana Bisnis
Setelah memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka
perusahaan dapat melakukan suatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah
dilakukan sebelumnya.
Manfaat Segmentasi Pasar
·
Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih
terarah.
·
Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi
lebih baik.
·
Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
·
Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang
ada secara efektif dan efisien.
·
Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang
pemasaran.
·
Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di
pasar.
·
Syarat Segmentasi Pasar
- Dapat Diukur (Measurable), pengelompokan pasar
harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada
segmen pasar tersebut.
- Dapat Dijangkau (Accessible), segmentasi pasar
juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang
dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.
- Cukup Besar (Substantial), pengelompokan pasar
harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh
perusahaan.
- Dapat Dibedakan (Differentiable), artinya segmen
pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.
- Dapat Dilaksanakan (Actionable), market
segmentation harus
dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh
perusahaan.
Dasar
Segmentasi Pasar
· Demografis, yaitu dasar
pengelompokan pasar berdasarkan demografis yang meliputi jenis kelamin, usia,
pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain-lain.
· Geografis, yaitu dasar
pengelompokan pasar berdasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau
daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.
· Psikografis, yaitu dasar
pengelompokan pasar berdasarkan ciri-ciri kepribadian, yang meliputi
kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar